ACM
(Association for Computing Machinery)
ACM merupakan singkatan dari Association for
Computing Machinery (Asosiasi untuk Permesinan Komputer). ACM adalah
sebuah serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama di dunia yang didirikan
pada tahun 1947. Anggota ACM sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan
para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia bermarkas besar di Kota New York.
ACM diatur menjadi 170 bagian(“chapter”) lokal dan 34 grup minat khusus
(special interest group, SIG), di mana mereka melakukan kebanyakan kegiatan
mereka. Banyak dari SIG, seperti SIGGRAPH, SIGPLAN dan SIGCOMM, mensponsori
konferensi teratur yang menjadi terkenal sebagai acara utama untuk
memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. SIG juga menerbitkan
sejumlah jurnal khusus, majalan, dan surat berita.
ACM juga mensponsori acara yang berhubungan dengan ilmu
komputer seperti ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang
mendunia, dan telah mensponsori beberapa acara lainnya, seperti pertandingan
catur antara Garry Kasparov dan komputer IBM Deep Blue.
IEEE
(Institute of Electrical and Electronics Engineers)
IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para
insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat
kemanusiaan.
Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia
berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and
Electronics Engineers). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, sehingga
organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja.
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang
terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan
standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat
teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa
(engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan,
antariksa, dan elektronika.
IEEE memiliki lebih dari 300.000 anggota individual yang
tersebar dalam lebih dari 150 negara. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia
pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan
konferensi.
IEEE standard association memiliki beberapa
program yaitu Industry Connections program, Corporate Program
International Program, GET Program, Arc Flash, dan NESC. Setiap
tahun, IEEE-SA melakukan lebih dari 200 suara standar, suatu proses dimana
standar yang diusulkan pada saat memilih untukkeandalan teknis dan kesehatan.
Pada tahun 2005, IEEE telah dekat dengan 900 standar aktif, dengan 500
standar dalam pengembangan. Salah satu yang lebih penting adalah IEEE 802
LAN / MAN kelompok standar, dengan standar jaringan komputer digunakan
secara luas untuk keduanya (kabel ethernet) danjaringan nirkabel (IEEE 802.11).
Proses pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar
yaitu:
1.
Mengamankan
Sponsor,
2.
Meminta
Otorisasi Proyek,
3.
Perakitan
Kelompok Kerja,
4.
Penyusunan
Standard,
5.
Pemungutan
suara,
6.
Review
Komite,
7.
Final
Vote.
IEEE
Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE
Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph
Djiwatampu. Saat ini IEEE
Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
1.
Chapter
Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter)
2.
Chapter
Masyarakat Sistem dan Sirkuit (Circuits and Systems Society Chapter)
3.
Chapter
Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine and Biology
Chapter)
4.
Chapter
Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat
Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education
Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal
Processing Society)
5.
Chapter
Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S) Sesuai dengan komitmen mereka untuk
kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, insinyur perangkat lunak
harus mematuhi Delapan Prinsip berikut:
1)
PUBLIC
– Software engineers shall act consistently with the public interest. UMUM –
Software insinyur harus bertindak secara konsisten dengan kepentingan publik.
2)
CLIENT
AND EMPLOYER – Software engineers shall act in a manner that is in the best
interests of their client and employer consistent with the public interest.
KLIEN dan majikan – Software insinyur harus bertindak dengan cara yang adalah
kepentingan terbaik klien mereka dan majikan yang konsisten dengan kepentingan
publik.
3)
PRODUCT
– Software engineers shall ensure that their products and related modifications
meet the highest professional standards possible. PRODUK – Software insinyur
harus memastikan bahwa produk dan modifikasi yang terkait dengan memenuhi
standar profesional tertinggi mungkin.
4)
JUDGMENT
– Software engineers shall maintain integrity and independence in their
professional judgment. PENGHAKIMAN – Software insinyur harus mempertahankan
integritas dan kemandirian dalam penilaian professional mereka.
5)
MANAGEMENT
– Software engineering managers and leaders shall subscribe to and promote an
ethical approach to the management of software development and maintenance.
MANAJEMEN – Rekayasa Perangkat Lunak manajer dan pemimpin harus berlangganan
dan mempromosikan pendekatan etis kepada manajemen pengembangan perangkat lunak
dan pemeliharaan.
6)
PROFESSION
– Software engineers shall advance the integrity and reputation of the
profession consistent with the public interest. PROFESI – Software insinyur
harus memajukan integritas dan reputasi profesi yang konsisten dengan
kepentingan publik.
7)
COLLEAGUES
– Software engineers shall be fair to and supportive of their colleagues.
Kolega – Software engineer harus bersikap adil dan mendukung rekan-rekan
mereka.
8)
SELF
– Software engineers shall participate in lifelong learning regarding the
practice of their profession and shall promote an ethical approach to the
practice of the profession. DIRI – Software insinyur harus berpartisipasi dalam
belajar seumur hidup tentang praktek profesi mereka dan akan mempromosikan
pendekatan etis untuk praktek profesi.
Sumber:
0 comments:
Posting Komentar